kegundahan karena sistem yang rusak saat ini

Rabu, 08 Oktober 2014

STEI HAMFARA dan aku.

Manusia itu memang gk pernah ada puasnya, jika manusia itu tidak diikat dengan sesuatu yang bisa mengntrol dirinya dan nafsunya. okeh kali ini aku merasakan indahnya lulus tepat pada waktunya, seneng banget bisa menyelesaikan amanah dari orang tua. Rasanya tuh awesome dan sesuatu banget,,,,,,,
Part #1





SKRIPSI ITU RASANYA kaya coklat yang belum di olah( PAIT ) tapi setelah diolah rasanya manis semanis yang buat tulisan,,,ahay,,,,
awalnya ane pesimis untuk bisa lulus tahun ini, karena banyak sekali penghambat yang membuat semangat kendor untuk  tetap maju lanjut skripsi. Tapi bukan ane kalo itu menghambat maping yang ane buat, bukan ane kalo ane stak disini dan tak berjalan, sekuat tenaga ane menyelesaikan karya tulisku yang super ribet ini, dari yang ngejar-ngejar dosen, dari yang menyalin teori yang ane ambil, dari yang harus bertemu pimpinan SDM perusahaan gula yang sebenernya males bgt buat ketemu karena super jutek nya itu yang membuat gk nyaman untuk ketemu beliau,,, dari yang belajar begadang untuk ngerjain karya tulis ini, dari yang harus mau sibuk meminjam buku setumpuk, dari yang harus serius di depan laptop sampai-sampai ane ngerasa laptop adalah kekasihku yang setia dengan sabar untuk tetap menyala sampai ane merasa lelah dan layar laptop juga saksi mati yang sering liat wajahku dengan raut wajah kaya zombie,,, buletan mata ane sering hitam seperti panda semenjak begadang yang terlalu sering,  dari yang gk punya kartu perpus kota akhirnya ane punya kartunya, dengan wajah senyum di foto kartu itu ane ngerasa GR karena ane jadi ngerasa wah ane resmi jadi mahasiswi yogya, merasa ada pengakuan tersendiri dari kota yogya yang super indah,,,, dari yang sempet nulis ide-ide ane jadi gk bisa cz ane lagi fokus nulis karya yang entah kelarnya kapan. Tapi itulah men paitnya skripsi ,,, memang awal pait dan bisa merubah habits yang biasa kita lakukan secara drastis, tapi semua kepaitan itu membekas dalam memori, membekas sangat dalam ke memory, dan rasa pait yang dulu dirasa berubah menjadi manis, manis untuk dikenang, membuat senyum-senyum sendiri kalo inget masa skripsi, tersimpan sejuta kemanisan dalam kepahitan, ane baru merasakan itu saat ini, nikmati proses itu ternyata indah. Pelajaran yang banyak ane dapat untuk bekal sangat banyak, apa jadi klo ane gk merasakan menulis karya ilmiah yang super tebel ini, apa jadinya kalo ane gk merasakan bimbingan dosen, apa jadinya kalo ane gk merasakan dasyatnya begadang, apa jadinya kalo ane tidak merasakan foto ditempat umum demi kartu perpus kota,,,(hihi ini hanya intermezo)... mungkin ane Cuma jadi manusia yang stak di tempat dan gk produktif.
Yah kedewasaan itu dimulai dari kesadaran dan proses yang dia nikmati dan pelajaran yang bisa dia ambil, kadang banyak sekali orang bingung harus gimana agar dewasa, padahal dewasa bisa kita pilih, bisa kita dapat dengan syarat yah yang tadi disebutkan,,, buang energi negatif tentang skripsi, nikmati saja.....
***

Part#2



Ujian itu rasanya kaya orang mau jatuh dari lantai 70 ,,,rasanya seperti bom mau meledak..... tapi setelah dijalani seperti wawancara dan seperti bintang tamu di realiti show .........
Okeh berawal ane tau tanggal ane ujian, beuh rasanya tuh kaya hari-hari mendung terus, kaya kesamber petir kaya dan kaya yang lain,,,rasanya tuh dipaksa terjun dari lantai 70 haha lebay, ane bingung, ane takut, campur-campur lah ampe nafsu makan ane berkurang tpi seringnya sekali makan habis dan nambah, hehehe ....super sibuk nyari-nyari kertas ,,,sibuk nyari-nyari pengertian dan kawan-kawannya, dan masalahnya lagi ane belum bisa fokus ane  masih suka tidur kalo beberapa menit baca materi, ampe semua posisi ane jabanin untuk bisa belajar fokus tanpa tidur,,,tapi endingnya ane tidur,,,hmmm sempet ane putus asa, akhirnya ane cari cara buat bisa belajar fokus,,,yaitu dengan cara ane belajar di tempat terbuka, sempet ane belajar di saawah sangking ane butuh sesuatu yang tenang dan bikin fokus,,, berlalu nya waktu membawa ane pada hari H,,,” ane ujian “ .... siap untuk di pasung,,,upz maksudnya siap untuk di babat habis,,, setelah ane masuk ke ruang hawa panas dan dingin campur aduk, duduk lah ane di kursi panas, sejenak ane melihat dosen-dosen di depan, ane akui muka mereka teduh dan gk bikin takut, mereka sesekali bercandain ane, gini candanya “ gimana ndo siap, ojo tegang sing tenang yo “, Cuma senyum yang ane lontarkan dan ucapan isnya’allah dengan harapan Allah bisa menolongku, dimulailah ujian itu, ditanya itu ini, ditanya apa itu apa ini, gambarkan dan jelasakan, beuh rasanya tuh awesome banget, bercucuran keringat mulai terasa, sudah hampir 1 jam setengah ane diuji, tapi masih ada dosen yang belum bertanya ini itu sama ane, dosen cantik ku ini ternyata tak banyak tanya hanya sedikit yang ditanya, lega akhirnya jam ujian kelar, hasil yang mau diumumkan di diskusikan dulu, ane menunggu dengan wajah yang mungkin seperti orang sakit perut, rasanya tuh deg deg-gan, tiang kampuspun pelampiasan ane untuk membuang rasa risau, galau, dan khawatir , peluk erat tiang rasanya tuh sesuatu, dipanggil lah ane untuk bisa masuk dan umumkan ane lulus apa gk, bpk pembimbingku yang mengumumkan langsung, badan mulai merasakn dinginnya angin saat itu, mulai membuat jantung hampir berhenti, ending and ending ane lulus,,huahh,,,ye ye ye,,,dalam hati ane berteriak kencang,,wajah ane memerah mempesona, wajah ane berubah menjadi matahari yang menyinari dunia, bahagia dan gak sangka ane hampir mendapatkan gelar SESY (S1) men, tinggal satu langkah lagi,,,super seneng, tapi memang  ane orangnya susah mengexpresikan kesenangan., Cuma tampang lesu yang ku tunjukan ke temen2, haha dan mereka merasa kesal dengan wajah lesu ane karena membuat mereka berprasangka buruk,,,hahaha taktik supaya gk heboh,,,,   yah alhamdulillah ane lulus men,,,,,L...U..L...U...S....100% tanpa nyontek ^_^ alhamdulillah...



Ekspresi lulussssssssssssssssssssssssss.............. bersama @jeng armala temen seperjuangan.


Tapi setelah ane merasakan ujian ini ane teringat akan sosok pembimbing terbaik buatku, dosen satu ini cukup berjasa dalam kesuksesan dalam hal skripsi. namanya pak wiji beliau adalah sosok yang paling ke bapak- an,,,keren beliau ini, beliau ini juga yang sabar bgt bimbing mahasiswi yang satu ini, sabar banget buat nuntun ane dari A ampe Z,,,,, terimakasih wahai pak wiji,,, ilmu bpk sangat berarti buat saya, tidak ada kata yang lebih terhormat untuk bpk selain bpk is the best dan super luar biasa. Bagaimana pun kesulitan yang saya rasakan membuat karya tulis ini bpk lah yang siap menerima keluh kesah yang dirasakan ketika pembuatan skripsi ini sampai selesai, walaupun mungkin saya sangat merepotkan bapak,,, termakasih ku untuk pak wiji dan pak duha yang telah menorehkan ilmu dalam hidup ku,,,terimakasih juga untuk dosen-dosen yang lain yang gk kalah baiknya juga, kalian adalah dosen yang benar-benar peduli akan pentingnya pemahaman islam, kalian dosen yang tidak akan pernah membiarkan anak didik kalian tergerus oleh pemikiran liberal, sekuler dan isme2 yang lainnya. So aku bangga dengan semua dosen di kampus ku,,,terimakasih ya Allah engkau berikan hamba-hamba yang bisa membuat hamba paham akan islam dan ilmu dunia yang sebenarnya, dimana ilmu dunia juga harus mengetahui mana yang hak mana yang bathil,,,,,
Endingnya setelah aku melalui semua ujian terasa bukan ujian, dosen-dosen sangat sabar mengujiku, walaupun memang tanpa belajar kita tidak akan bisa menjawab apa yang diujikan dosen, tapi aku senang dengan seperti ini ada bukti bahwa keyakinan, usaha, doa itu nyata,,,nyata sekali,,, kayakinan bahwa kita bisa melahirkan fikiran positif dan optimis, karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya, usaha yang sungguh-sungguh maka engkau akan mendapatkannya, itu sebuah pepatah tapi itu nyata, doa itu ibarat sebuah kunci yang paling utama, doa adalah sesuatu cara kita meminta kepada Allah yang kita cintai,,, kita sayangi,,,,doa ini yang paling manjur dan ada sentuhan Allah disitu, ada campur tangan Allah disitu,,, yah Allah juga melihat usaha kita, kalo usaha kita udah sungguh2x Allah pasti ngasih ko,,, yang tidak beribadah ajah Allah masih mau kasih rezki masa sama yang taat gk ngasih,,, gk mungkin itu men,,,, percaya deh Allah itu maha pemurah,,, jangan pernah ada ragu dalam doa dan keyakinan “ jangan men”
Dari sini aku belajar banyak bukan,,,yah bagi orang yang mau berfikir semua kejadian akan jadi sebuah pelajaran dan juga bisa diambil hikmah nya,,,,gak Cuma ngeluh dan nyesel ajah tapi belajarlah dari kegagalan, kesusahan, keletihan, keterpurukan,dan juga kebahagiaan. Karena bunga pun mekar ada masanya dia layu,,, kalo udah layu jangan sampe deh lupa sama Allah, itu justru membuat kita jauh dari pertolongan NYA....


Part#3
Sebuah arti kebersamaan. Arti sebuah proses pendewasaan,,,ditempat ini aku dapatkan, bangunjiwo tepatnya di asrama STEI hamfara, kami bersama melebur beda, beda bahasa, beda sikap, beda sifat, beda daerah, bahkan beda jurusan kuliah. Kami disatukan dalam atap yang sama, dalam ruangan panjang yang berisi kamar dan manusia dengan berbagai bentuk dan karakter, disini ujian, senang, canda, tawa, curhat, menasehati, memberi, dan menyemangati untuk hari esok itu hadir. Mengukir kisah hidup kami dan aku, kau dan aku dipertemukan dalam wadah yang luar biasa, wadah yang bisa membuat kita berubah 180 % dimata manusia, namun berbuah sangat baik dimata Allah, karena perubahan itu adalah sesuatu yang disuaki Allah dengan cara berfikir dan memahami arti islam sebenarnya dan perjuangan demi NYA.
Yah inilah kisah tempat ter romantis yang pernah aku temui, banyak pohon cery (kresem) disekitar asrama kita, banyak sekali ilalang yang mengitari asrama kita, phon yang menjulang tinggi pun melindungi kita dari teriknya sinar matahari. Disini ukuran sejarah dimulai. Terbiasa bersama dalam suka dan duka, yang berawal dari minimnya fasilitas kami rasakan, krisisnya air yang membuat emosi pu kami rasakan, dari yang jauhnya tempat penjual keperluan diri kami rasakan, dari yang belum ada laundry pun kami rasakan, berjalan dan mencuci disumurpun kami rasakan, dahulu asrama kami tidak memiliki fasilitas yang memadahi, kami pun harus betah dengan hidup kesederhanaan dan kesulitan, namun inilah pelajaran yang bisa diambil, tidak mudah menjadi orang yang tidak biasa, orang yang lebih dari luar biasa, orang pantang menyerah, orang yang kokoh untuk berjuang, dari kesulitan ini aku belajar banyak hal. Moment kesulitan dan perjuangan itupun kini sulit tidak untuk diingat, dan momen yang paling kerasa buat aku adalah awal mula beradabtasi dalam situasi yang penuh dengan kekurangan, dari mulai air, sekat, lampu, roll kabel dan yang lainnya, bayangin ajah anak baru di kasih sesuatu yang mungkin kalo anak mamih gak betah, rasanya tuh sakitnya di sini (megang kepala), nyut-nyut tan dan hampir stress, sudah kondisi kampus yang masih acak kadul diman-mana puing-puing dimana-mana paku, dimana-mana debu dan sempet mikir” ni kampus kayanya pantesnya namanya STIB ( sekola tinggi ilmu bangunan) haha, sedikit sedih, mungkin kecewa itu pasti ada tapi dari sini aku belajar bahwa manusia yang spesial tidak akan merasakan proses yang gampang, bahwa memang manusia diciptakan untuk bisa berfikir apa yang diberikan Allah kepada kita termasuk ujian,,,
Semenjak itu rasa enjoy pun muncul, gk peduli lagi akan tempat yang berantakan, gk peduli lagi masalah sepele, dan kini yang terbekas aku punya teman-teman yang luar biasa yang mampu menguatkan diri dan teman yang lain. Teman-teman yang dipilih Allah secara spesial untuk menghiasi hidup ku ke arah yang lebih baik,,hamfara yang memberikan aku pelajaran yang luar biasa, asrama yang memberikan ku kenangan yang tak biasa, semua ini tak akan bisa terlupakan karena kalian teman seperjuangan, asrama atap yang menyatukan kita, hamfara yang memberikan ilmu luar biasa, yogyakarta dengan segala keindahannya adalah torehan kisah hidupku yang paling spesial semoga Allah mengumpulkan kita kembali disyurgaNYA amin.




Part#4 perpisahan
Dan kini kau disana dan aku disini hanya bisa memandang langit yang sama...

Kini aku dan teman seatapku tak bisa lagi bersama dalam satu atap, tidak bisa lagi mengulang apa yang sudah kita lalui, kami hanya bisa bernostalgia dan mengenang lewat foto,,,merasakan bahwa kalian bukan hanya sekedar teman tapi lebih seperti sodara itu rasanya ngilu ketika harus kehilangan kalian, harus berpisah, harus menahan rindu yang semakin lama semakin menumpuk dan hampir meledak,,,yah kini kita dipisahkan oleh waktu,,,waktu hanya memberi kesempatan kepada kita hanya 2, pertemuan dan perpisahan... itu sudha hukum alam.... 


Tidak ada komentar: